Tren Covid-19 Meningkat, Jaga Imunitas Tubuh Anda dengan Madu Hutan

Tren kasus suspek virus Covid-19 saat ini sedang meningkat, untuk itu masyarakat dituntut lebih dalam menerapkan pola hidup sehat dan melakukan protokol kesehatan yang ketat. Selain menerapkan protokol kesehatan 3M, imunitas atau sistem kekebalan tubuh juga perlu ditingkatkan. Salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh kita adalah dengan mengonsumsi produk herbal madu hutan.

Naiknya jumlah kasus positif covid-19 saat ini disinyalir terjadi karena masyarakat mulai lengah dan abai dengan protokol kesehatan. Hal tersebut juga bertepatan dengan kondisi cuaca yang memasuki musim pancaroba sehingga dapat membuat stamina tubuh menjadi turun.

Mengonsumsi madu menjadi salah satu cara yang tepat dan mudah agar imunitas tubuh anda menjadi kuat. Dengan imunitas yang kuat, tubuh anda akan terlindungi sehingga dapat memberikan rasa aman dalam menjalankan aktifitas, tentunya tidak lupa juga selalu menerapkan protokol kesehatan 3M.

Saat ini banyak jenis madu yang terdapat di Indonesia, namun salah satu yang popular dikonsumsi adalah madu hutan. Madu hutan disinyalir lebih baik dari madu biasa karena kandungan yang lebih kaya dan masih alami.

Lebah Apis dorsata. (foto: mediatani)

Madu hutan merupakan jenis madu hasil dari lebah Apis dorsata yang berhabitat di kawasan hutan. Lebah madu Apis dorsata berbeda dengan lebah madu yang sering ditemui dan diperlihara di peternakan lebah pada umumnya. Ini adalah lebah madu hutan yang berukuran besar dan liar yang hanya dapat berkembang biak di Kawasan subtropis dan tropis, termasuk Indonesia.

Ada beberapa perbedaan madu hutan dengan madu biasa. Pecinta madu pastinya menyadari bahwa harga madu hutan lebih mahal dari madu biasa.

Hal tersebut terjadi karena madu hutan hanya dihasilkan dari lebah Apis dorsata, berbeda dengan madu biasa yang diperoleh dari lebah ternak dengan berbagai spesies.

Madu hutan terbilang masih sulit dibudidayakan karena lebah Apis dorsata lebih suka hidup di tempat yang tinggi dan termasuk lebah yang suka berpindah-pindah tempat atau migran.

Madu hutan juga disebut sebagai madu organik karena lingkungan hidupnya masih alami dan bebas dari pestisida. Rasa madu hutan diperoleh setelah lebah hutan mengambil nektar dari berbagai tanaman di hutan tersebut sehingga aroma dan rasanya menjadi lebih kaya dan kompleks.

Hal tersebutlah yang menjadikan anggapan bahwa manfaat madu hutan yang umumnya berwarna cokelat kehitaman lebih baik dari madu biasa.

Dikutip dari laman sehatq.com, berikut adalah beberapa manfaat dari madu hutan:

1. Membentuk meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan nafsu makan.

3. Menyehatkan kulit.

4. Menurunkan tekanan darah.

5. Memperbaiki kolesterol.

6. Menyembuhkan luka.

7. Bantu meredakan batuk pilek.

Produk madu hutan Gajeboh (foto: dok Bina Swadaya Konsultan)

Melihat khasiat dan manfaat yang besar dari lebah madu, Bina Swadaya Konsultan (BSK) turut andil dalam melestarikan madu hutan melalui penggerakkan perekonomian masyarakat suku Baduy di Kabupaten Lebak, Banten.

Madu dari kampung/dusun Gajeboh yang diproduksi di hutan suku Baduy merupakan daerah yang masih alami dengan menjaga tradisi-tradisi luhur. Daerah yang masih alami dan terjaga lingkungannya dipercaya berdampak pada kualitas madu yang murni dan lebih berkualitas.

Bersama Mang Ucal, salah satu peternak lebah hutan dari kampung Gajeboh, BSK dipercaya dapat menjaga dan turut andil dalam mensejahterahkan masyarakat suku Baduy. Madu hutan dari suku Baduy memiliki keunikan atau kearifan lokal sendiri dari cara panen lestari dan izin penjualan yang terbatas kepada beberapa orang saja.

Panen lestari sendiri merupakan sistem panen yang hanya mengambil bagian  madu dan menyisahkan sedikit untuk anakan atau 25% dari bagian kepala madu yang harus ditinggalkan. Hal tersebut dilakukan bertujuan untuk menjaga keberlanjutan produksi madu hutan Baduy.

Melalui kerja sama ini, tiap bulannya Mang Ucal memproduksi dan mengirimkan madu lebih dari 100 kilogram kepada BSK. Selanjutnya, BSK melalui unit kewirausahaan sosial melakukan pemasaran dengan menciptakan branding Madu Gajeboh.

Saat ini madu Gajeboh dapat dinikmati dengan varian 3 ukuran kemasan, 250ml, 300ml dan 500ml. Madu Gajeboh, madu asli hutan dari suku Baduy juga bisa dipesan dengan menghubungi nomor kontak/(whatsapp) berikut ini : +62 857-7274-0901.

Madu hutan Gajeboh. (foto: dok Bina Swadaya Konsultan)