Jamur Tiram Krispi, Camilan Sehat Temani Liburan Akhir Tahun

Libur akhir tahun 2020 sudah di depan mata, di tengah suasana pandemi virus covid-19 saat ini ada baiknya anda juga mempersiapkan camilan sehat jamur tiram krispi untuk menemani sepanjang perjalanan jika melakukan mudik ke kampung halaman.

Jamur tiram merupakan salah satu jamur yang mudah dan aman untuk dikonsumsi. Selain penyajiannya yang mudah, jamur tiram juga menyimpan segudang manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh. Bahkan, di negeri Tiongkok, mengonsumsi jamur tiram diyakini sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit.

Dilansir dari Wikipedia, berdasarkan penelitian Sunan Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutucal Universitas Chulangkorn, jamur tiram mengandung protein, air, kalori, karbohidrat dan sisanya berupa serat zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.

Jamur tiram sendiri memiliki manfaat kesehatan yang dapat mengurangi kolesterol dan jantung lemah serta beberapa penyakit lainnya. Jamur tiram juga dipercaya mempunyai khasiat obat untuk berbagai penyakit seperti penyakit lever, diabetes dan anemia. Selain itu jamur tiram juga dapat bermanfaat sebaga antiviral dan antikanker serta menurunkan kadar kolesterol.

Cara paling mudah menikmati jamur tiram adalah dengan membuat nugget jamur atau jamur krispi yang dapat dipadukan dengan saus sambal. Cara membuat jamur krispi keriting dan renyah cukup dengan adonan pencelup dan tepung kering yang dibuat dengan bahan sama lalu digoreng dalam minyak panas yang terendam seluruhnya.

Jamur tiram. (dok: Bina Swadaya Konsultan)

Bersama dengan Mang Asep, salah satu warga Jonggol di Desa Sukadami yang menekuni budi daya Jamur, Bina Swadaya Konsultan (BSK) menjalin kerja sama dalam program Jonggol PINTAR yang membuka peluang kerja sama pengembangan usaha jamur tiram. Melalui program ini, harapannya BSK dapat mengembangkan perekonomian masyarakat yang dilanjutkan dengan program investasi baglog dan plasma jamur.

Pemberdayaan masyarakat dengan model investasi cukup efektif karena nilai tambahnya dapat terukur. Usai diberikan pelatihan, pendampingan, dan pembuatan website, saat ini diketahui pesanan baglog yang masuk mulai meningkat.

Banyaknya permintaan baglog membuat Tim Jonggol Pintar dan Asep melibatkan perempuan warga Jonggol dalam kelompok jamur semar Jonggol untuk membuat baglog sekaligus menambah penghasilan keluarga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Melalui program Jonggol Pintar, BSK membuka kepada siapa saja yang ingin melakukan pemesanan jamur dan menjadi bagian dalam pemberdayaan bagi warga Desa Sukadami, Kabupaten Jonggol, Bogor, Jawa Barat. Nah, untuk kalian yang ingin melakukan pemesanan jamur dapat menghubungi nomor kontak/(whatsapp) berikut ini : +62 857-7274-0901.

Jamur tiram setelah panen. (dok: Bina Swadaya Konsultan)


Leave a Reply