Agincourt dan Bina Swadaya Konsultan Berikan Pelatihan Digital kepada UMKM di Batang Toru

Berkembangnya teknologi menjadi salah satu faktor penting dalam kemajuan bisnis dan pertumbuhan ekonomi. Oleh sebab itu, PT. Agincourt Resources bersama Bina Swadaya Konsultan menggandeng lembaga konsultan lokal BantuDesa dalam menyelenggarakan pelatihan manajemen pemasaran online dan offline kepada 6 kelompok binaan PT. AR di cafe coffeenta KM 02 Aek Pining, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

Supervisor Community Development PT. AR, Meriah Tambunan dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud implementasi Program Divisi Community Development (Comdev) PT. AR di bidang Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM). Oleh sebab itu, sangat diharapkan para peserta dapat mengambil manfaat pada pelatihan tersebut.

Khairal Asyifa sebagai narasumber saat memberikan pelatihan pemasaran

Pada kesempatan tersebut juga dijelaskan bahwa tujuan pelatihan tersebut untuk mendukung usaha UMKM masuk kedalam dunia digital agar tidak tenggelam karena persaingan usaha yang ketat. Oleh sebab itu, sudah saatnya UMKM naik kelas untuk menggunakan teknologi digital dalam menjalankan bisnisnya.

Instruktur pelatihan dari lembaga konsultan BantuDesa, Khairal Asyifa Noer mengungkapkan, menggunakan teknologi digital dalam pemasaran produk UMKM dinilai dapat memberikan hasil yang optimal.

“Karena terbukti secara empiris, efisiensi dari sisi biaya, waktu dan tenaga dalam pengelolaan kegiatan usaha, khususnya pemasaran produk, sangatlah tinggi, dibandingkan jika strategi pemasaran dijalankan dengan cara-cara konvensional,” kata Khairal.

Sementara itu, Gufronul Mubarok bersama Valens Prana Setiawan, pendamping lembaga perekonomian masyarakat dari Bina Swadaya Konsultan memaparkan bahwa setiap usaha, baik besar maupun kecil, memiliki strategi tersendiri dalam memasarkan produknya.

Menurutnya, manajemen pemasaran merupakan hal penting yang harus diterapkan setiap pelaku usaha agar mampu bersaing di pasar.

Adapun beberapa materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut yaitu, channel distribusi/saluran teknologi pemanfaatan teknologi digital, foto produk menggunakan gadget, menulis /copy writer agar pelaku usaha mampu mendeskripsikan produk secara baik, hingga praktik langsung jualan online dengan menggunakan aplikasi e-commerce yang diinterkoneksikan dengan berbagai akun media sosial.

Pelatihan yang berlangsung selama 2 hari (23-24 Juni 2022) tersebut diikuti oleh kelompok binaan PT. AR seperti Kelompok Wanita Tani (KWT) Makmur Jaya di Desa Bandar Hapinis, KWT Torop Jaya Desa Sumuran, Kelompok Asik Saroha Desa Sumuran, Kelompok Usaha Bersama Bator Craft – Kelurahan Aek Pining, dan Koperasi Sarop Do Mulana – Kelurahan Wek II.