Sekolah Lapang Beri Segudang Ilmu Baru bagi Kelompok Tani

Pemberdayaan masyarakat oleh PT. Indexim Coalindo dalam program Coorporate Social Responbility (CSR) yang menggandeng Bina Swadaya Konsultan berhasil memberikan manfaat bagi para petani hingga terbentuknya Koperasi Bara Etam Sejahtera di Kecamatan Kaliorang, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.

Dwi Prayitno, Team Leader program pemberdayaan ekonomi Bina Swadaya Konsultan menyampaikan, pada tahap awal kegiatan di sektor pertanian, pendampingan dilakukan dengan membuka sekolah lapang dan demplot padi.

Dari 10 kali pertemuan, ternyata kehadiran sekolah lapang mampu memberikan wawasan atau ilmu baru di dunia pertanian kepada anggota kelompok.

“Banyak hal-hal yang akhirnya kami ketahui. Pertama, sebelum sekolah lapang dulunya kami memakai pupuk urea, sekarang kami memakai kompos. Dan beban biaya tidak terlalu tinggi. Kedua, demplot cabai juga, ketiga, dari sekolah lapang muncul stocking point. Karena teman-teman belum 100 persen melakukan organik”, ujar Supriyadi, salah satu anggota kelompok tani yang mengikuti kegiatan sekolah lapang.

Kehadiran sekolah lapang berdampak juga pada peningkatan jumlah panen padi. Jika dulu sebelum pendampingan 1 ton per 1 hektar, kini pasca pendampingan mencapai 1,5 ton per hektarnya. Sementara itu, untuk proses penjualannya dilakukan melalui stocking point.

Diakui Dwi, dengan hadirnya sekolah lapang, kelompok petani makin menyadari bahwa sebenarnya mereka bisa memproduksi sendiri pupuk dengan potensi bahan baku yang ada di sekitarnya.

“Seperti pembuatan trichorderma, mol bonggol pisang,  sabut kelapa, bahkan pupuk komposnya disini juga bisa membuat sendiri”, ujar Dwi yang mengatakan pada akhirnya para petani tercetus membentuk rumah kompos.

Keberhasilan pendampingan dari sekolah lapang dan peningkatan hasil panen ternyata membuat desa-desa lainnya juga ingin mendapatkan pendampingan yang sama.

“Mereka ingin mengikuti jejak, minta pendampingan juga”, pungkasnya.

 

Client
.......
Date
2019
Services
....
Our Role
Pendampingan

Ingin Berdayakan Masyarakat Bersama Kami?