Maret 14, 2024

CSR Sebagai Tanggung Jawab Perusahaan

Judul Pelatihan : Mengulik CSR sebagai tanggung jawab perusahaan

Daftar Instruktur : Ir. MG Ana Budi Rahayu, ME

Pelatihan : 5 Kali Pertemuan

Metode Pelatihan : Daring (online)

Kapasitas Pelatihan : 30 Peserta

Deskripsi Pelatihan : Memberikan pelatihan mengenai hal-hal yang terdapat pada pelaksanaan CSR seperti: Pemahaman CSR, Fungsi – fungsi CSR, Kebijakan CSR perusahaan, Program CSR perusahaan, dll.

Biaya : Rp. 300.000

Link Daftar Pelatihan : https://wa.me/6281393260303

_________

Gerakan CSR merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk menunjukkan tanggung jawab sosial sebagai salah satu perwujudan etika dalam membangun kinerja jangka panjang. Berhasilnya CSR tidak akan lepas dari peran serta pengusaha, pemerintah serta masyarakat sendiri.

CSR tidak hanya terbatas pada konsep pemberian bantuan dana kepada lingkungan sosial, namun juga bagaimana perusahaan memperlakukan karyawannya dengan tidak diskriminatif, menjaga hubungan baik dengan pemasok serta program yang dijalankan bersifat jangka panjang dan berkelanjutan.

Tanggung jawab sosial dari perusahaan (Corporate Social Responsibility) merujuk pada semua hubungan yang terjadi antara sebuah perusahaan dengan semua stake holder, termasuk didalamnya adalah pelanggan, pegawai, komunitas, pemilik atau investor, pemerintah, supplier bahkan juga kompetitor.

Pengembangan program-program sosial perusahaan dapat berupa bantuan fisik, pelayanan kesehatan, pembangunan masyarakat (community development), outreach, beasiswa dan sebagainya. Motivasi mencari laba bisa menghambat keinginan untuk membangun masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Kebijakan pemerintah untuk mendorong dan mewajibkan perusahan swasta untuk menjalankan tanggung jawab sosial ini tidak begitu jelas dan tegas, ditambahkan pula banyak program yang sudahdilaksanakan perusahaan tidak berkelanjutan.